Jumat, 26 Agustus 2016

PERUBAHAN SEJARAH YANG BERKELANJUTAN

RUNTUHNYA TEMBOK BERLIN




          Tembok Berlin adalah sebuah bangunan tembok yang terbuat dari beton yang berada di kota Berlin. Yang berfungsi untuk memisahkan Jerman Barat dan Jerman Timur. Tembok ini terbentuk pada tanggal 13 Agustus 1961. Tembok ini dibuat bertujuan untuk melindungi warganya dari elemen fasis yang dapat memicu gerakan yang besar dan berdampak dengan berdirinya pemerintahan komunis di Jerman Timur. Oleh otoritas Jerman Timur, Tembok Berlin dikatakan sebagai "BentengProteksi Anti-Fasis", yang menyatakan bahwa

Jerman Barat belum dide-nazifikasi. Pemerintah Kota Jerman Barat kadang-kadang mengatakan Tembok Berlin sebagai "Tembok Memalukan"—sebutan yang dicetuskan oleh Wali Kota Willy Brandt—untuk mengutuk tembok ini karena membatasi kebebasan bergerak. Tembok ini memisahkan Jerman menjadi 2, yaitu Jerman Barat dan Jerman Timur.  Runtuhnya Tembok Berlin terjadi pada tanggal 09 November 1989. Pada kesempatan kali ini kelompok kami memilih pembahasan tentang runtuhnya Tembok Berlin, dikarenakan kelompok kami memiliki rasa ingin tahu yang tinggu untuk membahas  sejarahnya dan perubahan berkelanjutan.

Pada tanggal 20 April 1945 Hitter diganti oleh Laksamana Doerutz sebagai kepala negara. Tanggal 4 Mei 1945 tentara Jerman menyerah tanpa syarat kepada sekutu. Selepas perang dunia ke 2 Negara Jerman dibagi menjadi 4 zona pendudukan. Pada tahun 1947 semenjak ada perang dingin Prancis, Inggris, OC USA, Uni Soviet menggabungkan zona-zona mereka ke dalam R.Federal Jerman (Berlin Barat) pada 1949.

Jerman Barat dan Jerman Timur mengubah pendapat bahwa Negara Jerman telah berakhir dan berubah menjadi negara baru, yaitu Jerman Barat dan Jerman Timur. Setelah itu kondisi Jerman Barat dan Jerman Timur berubah. Jerman Barat berubah menjadi Negara Barat kapitalis dan pemerintahan demokratis berparlemen. Sedangkan Jerman Timur menumbuhkan suatu pemerintahan yang meniru gaya ekonomi Uni Soviet.
        

Pemerintah Komunis mulai mebangun Tembok Berlin pada tanggal 13 Agustus 1961 untuk mencegahnya warga-warga pergi meninggalkan Berlin Timur sebagai pengungsi. Pembangunan Tembok ini menyebabkan krisis singkat dalam hubungan antara Blok Uni Soviet dan Amerika Serikat.Karena pada awal 1960an ribuan orang dari Berlin Timur ingin menyebrang ke Berlin Barat untuk melarikan diri dari Pemerintah Komunis.

Pada saat itu Pemerintah Jerman Timur langsung mulai menutup semua pintu masuk ke Berlin Barat,dengan membuat pagar berduri dan pos penjagaan lalu dilanjut pembangunan temboknya untuk menghentikan warganya melarikan diri.Dan selama berminggu-minggu pembangunan berlangsung,lengkap sudah tembok dengan menara dan ranjau yang berhasil memisahkan Berlin menjadi dua bagian.

Pada saat mulai membangun Tembok Berlin tercatat sekitar 3,5 juta warga Jerman Timur kabur ke Jerman Barat. Dengan tujuan mereka yaitu melarikan diri dari komunisme dan untuk mencari kehidupan yang baik. Banyak warga yang melarikan diri membuat kondisi per ekonomian Jerman Timur menjadi buruk. Sehingga Jerman Timur pada saat itu berfikir bahwa memerlukan langkah khusus untuk mencegah terjadinya warga yang kabur. Sehingga mengisolasi warga Jerman Timur dari Barat.
         


Banyak usaha-usaha nekat yang dilakukan masyarakat Jerman untuk melewati tembok Berlin pada saat itu. Ada warga yang membuat trowongan bawah tanah, hot air balloon, dan menggunakan pesawat terbang ringan. Namun yang dilakukan warga tersebut gagal. Sehingga ada sekitar 100-200 warga yang meninggal karena ditembah oleh tentara penjaga tembok tersebut.

Ada hubungannya antara pembubaran Uni Soviet dengan runtuhnya tembok Berlin. Pada saat itu Leonid brezhnev yang berkuasa di Uni Soviet. Namun, Negara mengalami kemerosotan di segala bidang. Kelompok militer mulai terpecah dan negara negara bagian semakin banyak yang menuntut kemerdekaan. Dan akhirnya runtuhlah negara tersebut. Bendera Uni Soviet diturunkan dan dikibarkanlah bendera Rusia. Mikail Gorbachev yang melatar belakangi runtuhnya Uni Soviet, serta mencetuskan ide politik Prestorika dan Glasnot.

Prestorika adalah istilah Rusia untuk reformasi politik dan ekonomi. Prestorika berarti “restruktrisasi”,merujuk pada restrikurisasi ekonom Soviet. Prestorika sering dianggap sebagai akibat jatuhnya komunis di Uni Soviet dan Eropa Timur,dan mengakhiri Perang Dingin

Glasnost adalah keterbukaan dalam semua bidang di dalam institusi pemerintahan UnI Soviet,termasuk kebebasan informasi. Kata “glasnost” digunakan pertama kali di Rusia pada akhir 1850 ,juga menujuk pada periode sejarah yang menggambarkan kebebasan berinformasi selama tahun 1980-an.

Praktek politik Prestorika dan Glasnot oleh Uni Soviet pada berdampak besar pada Jerman Timur karena berada dibawah kekuasaannya. Keterbukaan negara Uni Soviet tersebut berdampak membuat masyarakat yang ada di Jerman Timur memiliki harapan untuk bebas dari komunisme. Berbagai dukungan akhirnya muncul untuk mendukung penyatuan lagi Jerman Timur dan Barat.

Pada tanggal 9 November 1989 tembok Berlin dihancurkan. Dikarenakan warga-warga yang datang sambil membawa palu, godam dan sejenisnya. Untuk menghancurkan beberapa bagian tembok dan membuang lubang perbatasan yang tidak resmi. Selain itu Alasan pemerintah jerman timur membangun tembok berlin adalah untuk mencegah paham nazisme merebak di jerman timur, yg dianggap masih ada. 

Jerman Timur kembali mengumumkan bahwa mereka akan membuka 10 pintu perbatasan baru. Kemudian pintu perbatasan baru terus dibuka sepanjang tahun 1990. Penduduk Jerman Barat diperbolehkan masuk Jerman Timur tanpa visa mulai 23 Desember 1989. Sampai tanggal itu, mereka diperizinkan masuk tetapi dengan beberapa syarat.

Pemberitahuan di Televisi tentang banyaknya penduduk yang menghancur bagian Tembok Berlin pada tanggal 19 November membuat beberapa orang berfikiran untuk merebohkan secepatnya. Sebenarnya tembok ini dijaga beberapa hari oleh tentara penjaga. Pada mulanya para tentara penjaga Jerman Timur ingin memperbaiki tembok yang dihancurkan oleh para warga. Namun, seiring berjalannya waktu militer Jerman Timur toleransi untuk menghancurkan tembok Berlin pada tanggal 13 Januari 1990.

Tembok ini resmi dihancurkan oleh militer Jerman Timur pada tanggal 3 Oktober 1990. Penghancuran tembok ini kembali diteruskan setelah verifikasi atau menandatangani perjanjian antar Jerman Barat dan Jerman Timur. Dan Jerman secara resmi bersatu kembali pada tanggal 3 Oktober 1990 dan diperingati sebagai Hari Nasional Republik Federal Jerman. Tembok tersebut benar-benar diruntuhkan bulan November 1991. Sehingga Mulai runtuhnya Tembok Berlin tersebut Jerman menjadi Negara yang utuh sampai saat ini. Kemudian Negara Jerman yang telah bersatu ini menjadi anggota dari komunitas Eropa dan Nato.  Sistem Pemerintahan Jerman berubah menjadiSistem Pemerintahan Parlementer dengan kepala pemerintahan Kanselir. Saat Pemerintahan Jerman dipegang oleh NAZI dengan pemimpinnya Adolf Hitler serta rezim otoriternya. Dalam parlemen Jerman, Partai dengan koalisi yang dominanlah yang memimpin parlemen. Dalam pemerintahan Jerman, parlemen dikenal dengan nama Bundestag(anggotanya dipilih) dan Bundesrat( anggotanya adalah perwakilan dari negara-negara bagian). Bundesrat hampir mirip dengan senat walau terdapat beberapa perbedaan wewenang.Pemerintahan Jerman dipimpin oleh Kanselir namun Jerman tetap memiliki Presiden yang dipilih dalam periode lima tahun.Jerman juga memiliki makhamah konstitusi liberal, dimana setiap warga mempunyai hak  mengajukan keberatan berdasarkan konstitusi jika ia merasa hak asasinya dilanggar oleh pemerintah.


          Perubahan berkelanjutan yang terjadi pada Uni Soviet diantara lain hilangnya ideologi komunis. HAM mulai diperhatikan, seperti perjanjian hak asasi manusia PBB yang penting serta dalam protokol tambahannya (Pakta Sipil, Pak­ta Sosial, Konvensi Antirasime, Konvensi Hak Perempuan, Konvensi Antipenganiayaan, Konvensi Hak Anak-Anak, Konvensi Hak Penyandang Disabilitas, Konvensi Antipenghilangan). Terakhir Jerman menandatangani Protokol Tambahan untuk Kesepakatan Melawan Peng­aniayaan serta Konvensi Hak Penyandang Disabilitas. Kedua perjanjian tersebut berlaku sejak tahun 2009. Sebagai negara pertama di Eropa, Jerman juga meratifikasi Protokol Tambahan untuk Konvensi Hak Anak-Anak, yang memungkinkan gugatan secara individual.


          Dan kini Tembok Berlin juga dianggap sebagai ikon utama perang dingin di Jerman. Dan Wisatawan yang sedang berada di Berlin, Jerman kini akan mendapatkan pemandangan menarik. Karena bekas Tembok Berlin yang sudah runtuh, dipasangi 8.000 balon bercahaya. Mereka bisa menelusuri dimana jejak tembok itu dulu berada. Sehingga dengan adanya keruntuhan tembok berlin ini menimbulkan berbagai manfaat dan disebut sebagai sejarah yang berkelanjutan. Dan kini Jerman menjadi pasar sosial dengan tenaga kerja kemampuan tinggi, tingkat korupsi yang rendah dan tingkat inovasi yang tinggi. Sehingga Jerman termasuk ekonomi terbesar dan terkuat di Eropa. Jerman merupakan pencetus ekonomi dan integrasi politik Eropa. Banyak kebijakan-kebijakan yang diusulkan Jerman banyak dipakai sebagai kebijakan Uni Eropa.



Kesimpulan yang dapat diambil adalah runtuhnya tembok berlin ini menggambarkan persatuan kekuatan manusia di dunia ini yang memiliki tekad baik untuk kelangsungan hidup mereka nantinya adalah sebuah kekuatan yang tak tertandingi sebagaimana kokohnya perlawanan yang dihadapi. Seperti kejadian runtuhnya Tembok Berlin ini. Dan peristiwa sejarah ini disebut sebagai sejarah yang berkelanjutan. 
X IPS 3 KELOMPOK SEJARAH :
1. CAESARIO SOEHARDONO (07)
2.INTAN TRI LETIANA (20)
3.MUH ANDIKA NUR DZAKY (25)
4.RISNA DEWI NURHALIZAH (33)


DAFTAR PUSTAKA :
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Tembok_Berlin 
2.https://www.google.co.id/searchq=sisa+tembok+berlin&espv=2&biw=1517&bih=741&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwij_d-srszOAhUDoJQKHcldDtoQ_AUIBigB&dpr=0.9
3.http://www.anehdidunia.com/2014/11/sejarah-runtuhnya-tembok-berlin.html
4.http://www.merdeka.com/dunia/hari-ini-jerman-rayakan-25-tahun-runtuhnya-tembok-berlin.html
5.https://www.google.co.id/searchq=pembubaran+uni+soviet+dengan+tembok+berin&oq=pembubaran+uni+soviet+dengan+tembok+berin&aqs=chrome..69i57.10219j0j9&sourceid=chrome&ie=UTF-8#q=pembubaran+uni+soviet+dengan+tembok+berlin
6.https://www.google.co.id/webhp?sourceid=chrome-instant&ion=1&espv=2&ie=UTF-8#q=prestorika+dan+glasnot+dan+keruntuhan+tembok+berlin

2 komentar:

  1. BOLAVITA || Agen Bola, Agen Sabung Ayam, Agen Toto, Agen Casino, Situs Taruhan

    ADU BANTENG | SBOBET | IBCBET/MAXBET | 368BET| WM555|TANGKASNET/88TKS | SABUNG AYAM S128/SV388/CFT2288 | KLIK4D

    NEW HOT PROMO!!! BONUS DEPOSIT 5% SETIAP MELAKUKAN DEPOSIT UNTUK GAME LIVE CASINO

    BOLAVITA Adalah Agent Judi Online Terbesar Dan Terpercaya Di Indonesia Dimana Semua Transaksi Menggunakan Mata Uang Rupiah Indonesia.
    Nikmati Promo-Promo Menarik Dari Kami :
    - Bonus Deposit 10% Untuk New Member & 5% Untuk Next Deposit
    - Bonus 5% Setiap Melakukan Deposit Untuk Game Live Casino
    - Cashback UP TO 10%
    - Bonus Rollingan Casino 0.7% Langsung Masuk Ke Dalam ID
    - Bonus Deposit BOLA TANGKAS 10%
    - Bonus Referral 7% + 2%

    Kenapa Anda Harus Bergabung Bersama Kami ? Karena :
    - Pendaftaran User ID Baru Tidak Di Pungut Biaya Alias GRATIS
    - Minimal Deposit Hanya Rp.50.000,-
    - Minimal Withdraw Rp.50.000,-
    - Proses Deposit & Withdraw Kurang Dari 2 Menit Saja
    - Pelayanan Costumer Service Yang Ramah & Sopan, Selalu Siap Melayani Selama 24 Jam Nonstop
    Kami Bekerja Sama Dengan 100 Bank Lokal Terpercaya
    - Bonus Cashback Di Bagikan Setiap Minggunya Yakni Pada Hari Selasa
    - Kerahasiaan data anda terjamin 100%
    - Penarikan Dana Berapa Pun Akan Kami Proseskan (Min 50rb)

    Boss Juga Bisa Kirim Via :
    Wechat : Bolavita
    WA : +6281377055002
    Line : cs_bolavita
    BBM PIN : BOLAVITA ( Huruf Semua )

    BalasHapus
  2. Borgata Hotel Casino & Spa - Mapyro
    Hotel 화성 출장샵 Info and Amenities at Borgata Hotel Casino & 안산 출장마사지 Spa, Atlantic City. 1 Borgata Way, Atlantic 사천 출장샵 City, NJ 08401, United States. Map  Rating: 3.4 · 논산 출장마사지 ‎972 남양주 출장안마 reviews

    BalasHapus